EXPLORE YOUR INTERESTS

Minggu, 25 Januari 2015

Konfigurasi File Transfer Protokol (FTP) di Windows menggunakan XAMPP

Hi Guys, masalah FTP sudah pernah saya singgung di posting terdahulu, yaitu FTP menggunakan Ubuntu. Nah bagi rekan-rekan yang menggunakan OS yang lebih familiar en friendly, Windows, FTP juga bisa dikonfigurasi di sini dengan cara yang simpel, tinggal klik-klik aja... 

Tentang XAMPP, apa itu XAMPP juga sudah saya singgung di posting yang lalu-lalu. But it's OK, saya tetap akan mengulas sedikit tentang kedua jenis software tersebut. 

File Transfer Protokol (FTP) adalah protokol yang digunakan untuk mengunduh ataupun mengunggah file melalui jaringan TCP/IP dengan nomor port 21. FTP terdiri dari FTP server dan FTP client. FTP server adalah FTP yang penyimpan file atau software dan berfungsi untuk melayani request dari FTP client. Sedangkan FTP client yaitu end user yang meminta layanan atau request ke FTP server. 
FTP ini fungsinya hampir sama seperti HTTP/HTTPS yaitu protokol yang digunakan untuk transfer data antara server dan client. Perbedaanya, HTTP/HTTPS digunakan untuk mengakses web server dan  menampilkannya pada web browser sehingga disajikan dengan desain yang unik dan nyentrik . Sedangkan FTP, file-file yang akan disharing ditampilkan dalam bentuk yang sederhana. 

Untuk mengkonfigurasi FTP di Windows, kita bisa menggunakan FileZilla. FileZilla adalah sebuah program FTP yang bersifat open source . FileZilla dapat menangani transfer yang cepat dan sangat besar diatas 4GB. Aplikasi ini tidak hanya terbatas pada FTP, tapi juga FTPS dan SFTP dan mampu memindahkan banyak file ke banyak server dengan aman. FileZilla juga menyediakan peralatan untuk membandingkan direktori dengan ketentuan tertentu seperti ukuran file dan waktu modifikasi. 

FileZilla dapat dengan mudah kita instal dengan menggunaka software all in one , yaitu XAMPP. XAMPP ini terdiri dari beberapa modul/software yang dikemas dalam satu paket sehingga memudahkan instalasi. Modul-modul yang tergabung itu diantaranya  Apache,  MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat seperti yang terlihat pada tampilan XAMPP Control Panel .

Konfigurasi FTP


1.Cek apakah XAMPP sudah terinstal di PC Anda. Kalau belum silakan  download saja di sini. Setelah diinstal, buka XAMPP Control Panel dan aktifkan FileZilla dengan menekan tombol Start. Kemudian tekan admin.


2. OK




3. Plih menu Sedit > Users.



4. Pada tampilan berikut, Klik General > Add untuk membuat user baru. Pad kotak dialog Add user account masukkan user name . Kemudian Ok


5. Beri tanda centang  password dan masukkan password yang anda inginkan.


6. Klik Shared folders untuk memilih isi dari folder mana yang akan dishare. Kemudian Add.


7. Pilih folder yang akan dishare. OK



8. Klik tombol Set as home dir pada folder yang akaan dijadikan sebagai home di FTP. Tanda H menandakan bahwa folder tersebut merupakan folder utama pada saat sharing FTP dibuka.


9. Berikut tampilan jika sudah berhasil.



10. Buka browser, sebelumnya cek IP Address PC anda dengan cara ketik ipconfig pada command prompt, masukkan ip addresnya ke tab browser seperti gambar di bawah ini maka akan muncul kotak dialog Autentification Required. Masukkan username dan password yang tadi dibuat pada point 4 dan 5.


11. Inilah file-file dari folder yang dipilih sebagai direktori utama



12. Keterangan bahwa aplikasi sudah berjalan.

13. Kita juga bisa memblok IP komputer tertentu agar tidak bisa mengakses file sharing kita dengan menggunakan IP Filter di menu FileZilla IP Filter. Masukkan IP address komputer yang ingin diblok pada kolom seperti gambar berikut. 




Demikian posting kali ini. semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan sekalian :)






Referensi

http://filezilla.id.softonic.com/




                ~Kalau tidak bisa menghasilkan sendiri, berusahalah kreatif  dari hasil orang lain~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar