EXPLORE YOUR INTERESTS

Selasa, 11 November 2014

Membangun FTP (File Transfer Protocol) Server menggunakan Ubuntu

FTP (File Transfer Protocol)  ,sesuai dengan namanya, yaitu sebuah protocol yang digunakan untuk melakukan transfer file  baik mengunduh (download) ataupun  mengunggah (upload) file melalui jaringan TCP/IP. FTP   berada pada lapisan Aplication pada OSI Layer dan listen pada port number 21. Mode teks yang digunakan berupa format ASCII atau binary.

Fungsi FTP hampir sama dengan HTTP atau HTTPS yaitu mentransfer data dari suatu server ke client , bedanya  HTTP/HTTPS digunakan untuk mengakses web server dan menampilkannya pada web browser, sedangkan  FTP digunakan untuk transfer file dari server ke client atau sebaliknya. Tidak seperti web server yang ditampilkan dengan desain grafis yang menarik dan friendly, tampilan FTP sederhana hanya berupa susunan file atau folder dalam bentuk daftar. Silakan kunjungi ftp://ftp.cbn.net.id./ jika anda ingin berjalan-jalan di dunia FTP… :)

FTP dibagi menjadi dua, yakni FTP server dan FTP client.

FTP Server
FTP server adalah FTP yang menyimpan file/software  yang melayani request dari FTP client. Fungsi FTP server antara lain
·         Melakukan sharing data
·         Menyediakan indirect /implicit remote computer
·         Menyediakan tempat penyimpanan bagi end user
·         Menyediakan transfer data yang efisien

FTP Client
FTP client adalah computer atau end user sejenisnya yang melakukan request tukar menukar (download/upload) file ke FTP server. 

Cara kerja  
Sebelum ada koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari FTP client dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk:
(1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server,
(2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server , dan
(3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut

Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

Untuk lebih memahami cara kerja FTP perhatikan gambar berikut.




Gambar 1. Cara kerja FTP

Membuat FTP Server

Sesuai dengan tampilannya yang sederhana, cara membuat FTP server juga sederhana. Yang anda butuhkan adalah PC (client dan server) serta OS (Operating System) . di sini saya menggunakan OS Ubuntu versi 12.04.
Sekarang, mari kita berselancar sejenak di FTP Server, let’s go!

1.    Buka terminal, masuk ke super user dengan mengetik sudo su, dan masukkan password.
2.    Install FTP dengan cara ketik  apt-get install proftpd . setelah muncul tampilan di bawah ini, pilih standalone > ok.


Gambar 2. Install FTP

3.    Edit file konfigurasi proftd menggunakan nano atau gedit : nano /etc/proftpd/proftpd.conf .

Lakukan  konfigurasi dengan mengedit server name di bawah ini menjadi Ubuntu FTP Server, atau sesuai keinginan anda.

Gambar 3. Proftpd sebelum konfigurasi


Gambar 4. Proftpd setelah konfigurasi
                       
4.Restart proftpd untuk mengaktifkan konfigurasi yang baru dengan cara  /etc/init.d/proftpd restart

5.   Setelah proses restart selesai, buka browser untuk menguji apakah konfigurasi sudah berhasil. Ketik  ftp://.....(ip address pc masing-masing) pada bar  .  Kalau anda belum tahu berapa ip address PC anda , pastikan koneksi internet aktif dan cek ip address  dengan mengetik ifconfig  di  terminal . Contoh   ftp://192.168.1.711 adalah ip address PC saya.
User name diisi  dengan nama root  dan  password  ketika membuka super user.



Gambar 5. Uji konfigurasi FTP

Dengan munculnya tampilan seperti di bawah ini menandakan bahwa FTP server anda sudah berhasil dibuat.

Gambar 6. Tampilan FTP

6. Selesai

Anda bisa mencoba download  file ke server menggunakan dua PC  dimana satu PC bertindak sebagai server dan PC yang lain sebagai client dengan cara mengunjungi  ip address PC Server seperti langkah 5. Kemudian, anda bisa membuka  dan mengunggah file-file yang anda inginkan dari server.

Nah, setelah berkenalan dengan FTP, tahulah kita bahwa FTP benar-benar tidak menyenangkan. :D
Karena protocol ini  didesain bagi para pengunjung yang hanya ingin mengunduh atau mengunggah file saja sehingga tidak memerlukan desain yang unik dan nyentrik

Thanks and explore your interests … :)






Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar