EXPLORE YOUR INTERESTS

Rabu, 22 Oktober 2014

Analisa Hasil RTT (Round Trip Time)


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  dari tahun ke tahun tidak pernah terlepas dari internet. Internet sebagai pusat informasi yang terus berkembang membawa berjuta-juta pengguna tiap periodenya. Pengguna internet yang semakin meningkat ini dapat ditunjukkan oleh banyaknya hotspot wifi, warnet,  ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi seluler modern seperti tablet dan smartphone yang dengan mudah terhubung ke jaringan internet sehingga proses komunikasi berbasis data semakin meningkat.

        Akan tetapi, pengguna internet yang semakin banyak  dan kondisi jaringan yang kurang baik serta factor-faktor lainnya menyebabkan permasalahan yang mendasar di sisi user itu sendiri, yaitu kecepatan akses menjadi lambat.   

       Round Trip Time (RTT) atau Round Trip Delay (RTD), waktu yang diperlukan sinyal pulsa atau paket untuk perjalanan dari sumber ke tujuan dan kembali lagi, adalah objek yang akan diamati pada praktikum ini. Ukuran  RTT  menunjukkan bagaimana unjuk kerja jaringan internet yang digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ping dan spread sheet data diolah dalam bentuk grafik.

Langkah-langkah dalam menentukan RTT adalah sebagai berikut.

1.    Topologi jaringan
Di sini saya menggambarkan topologi jaringan dari PC client (saya) sampai ke internet. Situs yang saya pilih adalah www.detik.com.
Untuk mengetahui tahapan-tahapan yang dilewati oleh paket data dari PC ke server web www.detik.com, lakukan tracert di Command Prompt. Caranya, klik Start  > Run > ketik cmd > enter.

 Gambar 1. Cara cepat masuk ke Command Prompt

Lalu muncul tampilan Command Prompt

Gambar 2. Tampilan Command Prompt

Ketik tracert www.detik.com, lalu enter.

Gambar 3. Melihat rute dengan tracert

Dari hasil traceroute di atas  dapat diketahui bahwa ada beberapa rute yang dilewati oleh data hingga sampai ke www.detik.com.  Ada 9 hop (loncatan) dalam satuan milisecon(ms). Sehingga dapat digambarkan topologi jaringannya sebagai berikut.


Gambar 4. Topologi jaringan

Semakin kecil waktunya maka semakin cepat waktu aksesnya.  Tiga buah kolom yang menunjukkan waktu yang dibutuhkan oleh paket data untuk berjalan dari PC ke router.



2.    Pengaruh ukuran paket terhadap RTT

Untuk melihat pengaruh ukuran paket terhadap RTT dapat dilakukan dengan melakukan ping ke situs tujuan. Aplikasi ping digunakan untuk memeriksa koneksi jaringan.
Contoh perintahnya sebaagai berikut.
C:> ping www.detik.com –n 10 –l 32 –i 225 > 32.txt
Perintah di atas melakukan ping ke www.detik.com sebanyak 10 kali iterasi dengan ukuran paket data sebesar 32 byte dan TTL 225. Hasil ping disimpan di file text dengan nama 32.txt.
Saya melakukan iterasi sebanyak 10 kali untuk masing-masing ukuran paket 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 2500, 3000 byte.

Gambar 5. Tes iterasi dengan ping

Berdasarkan data di atas, hasil ping dapat dilihat di C:\users\Rifat. Berikut ini hasil dari ping yang telah dilakukan.
Gambar 6. Data dengan ukuran paket 8 byte

TTL (Time To Life) merupakan suatu nilai waktu yang disematkan dalam paket data yang dikirimkan melalui jaringan TCP/IP untuk menyatakan berapa lama paket tersebut bisa beredar/berjalan di dalam jaringan. Nilai tersebut akan memberitahukan kepada router apakah paket tersebut harus diteruskan ke router selajutnya (next hop router) atau di-discard.
Request Time Out (RTO) menunjukkan adanya masalah dalam pengiriman paket, mungkin itu karena pemakaian bandwidth yang padat, akses jaringan yang kurang bagus, koneksi terputus atau factor penyebab lainnya. Pada data di atas paket yang dikirim 15 dan yang diterima 14 sehingga RTO nya 1.

              Table 1. Daftar statistics ping untuk 203.190.241.43
Ukuran Paket
Rata-rata RTT
RTO
8
29
1
16
33
3
32
68
3
64
29
0
128
26
0
256
32
2
512
29
1
1024
30
0
1500
35
0
2000
36
1
2500
31
2
3000
106
2

Dengan mengambil nilai rata-rata RTT dari setiap ukuran paket maka dibuatlah grafik  untuk menggambarkan respon time dari server situs target ( www.detik.com)  ke PC dengan sumbu x sebagai ukuran paket dan sumbu y sebagai nilai rata-rata RTT.

Gambar 7. Grafik Pengaruh ukuran paket terhadap rata-rata RTT


Idealnya, hubungan antara ukuran paket dan RTO adalah berbanding lurus. Semakin besar ukuran paketnya maka waktu yang dibutuhkan data untuk berangkat dan pergi juga semakin lama. Akan tetapi, data yang diperoleh dari hasil percobaan di atas menunjukkan bahwa hubungan tersebut tidak linear. Hal ini disebabkan oleh berbagai factor seperti kepadatan trafik, bandwidth ataupun kualitas jaringan  yang kurang baik, mungkin terjadi saat proses ping dilakukan.

Jadi, kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan ini adalah sebagai berikut.
·   Ada beberapa langkah/hop/rute yang dilalui oleh paket data ketika kita mengunjungi situs tertentu.
·       Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan oleh data untuk melewati tiap hop maka kualitasnya semakin baik
·  Ada beberapa factor yang mempengaruhi unjuk kerja dari jaringan internet, diantaranya delay, kepadatan trafik, bandwidth, dan ukuran paket.
·     Dapat mendeteksi adanya masalah dalam jaringan yang ditunjukkan oleh RTO


















      Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar