EXPLORE YOUR INTERESTS

Selasa, 13 Januari 2015

Video Streaming via Web menggunakan XAMPP

Hallo Guys, kemarin saya udah membahas mengenai  video streaming di VLC pake protokol TCP dan UDP. Nah sekarang akan saya coba buat  server video streaming di web seperti Youtube untuk menyimpan list file-file streaming agar bisa didownload oleh klien. Software pendukusoftware ngnya saya pakai XAMPP Windows.


Ok, sebelum masuk tahap konfigurasi ada baiknya kita berdoa sejenak sebelum belajar .... biar dilancarkan segala urusannya Amiin.... Nah kalo udah selesai  langsung aja coupzh..! 


Sekilas Teori



Streaming adalah proses pengiriman file dari server ke klien melalui jaringan internet secara real time dan terus menerus (stream) tanpa harus menunggu didownload oleh klien.


XAMPP adalah sebiuah software yang terdiri dari beberapa sofware yang dibungkus dalam sebuah paket untuk memudahkan instalasi. Namanya sendiri diambil dari awalan huruf kata X(artinya memiliki sifat cross platform), A (webserver Apache), P (database MySQL), P (bahasa pemrograman PHP), dan P (bahasa pemrograman Perl).
XAMPP ini  sangat membantu dalam proses instalasi softwarere seperti database dan webserver karena kita enggak perlu nginstal satu persatu software-software tersebut. Cukup dengan satu paket instalasi  (XAMPP) kita bisa mendapatkan semuanya.  Jadi cukup praktis. All in one lah..hehe.

Solusi all in one yang praktis untuk kebutuhan webserver, bahasa PHP, database, dan Perl dalam satu paket. Webserver berfungsi sebagai server lokal . Server lokal ini dapat membantu proses pembelajaran dan bagi pengembang web , server lokal  memudahkan dalam ujicoba web yang dikembangkan. XAMPP mengusung database MySQL yang handal dan berfungsi sebagai penampung data-data dan informasi dalam sebuah program yang dibuat. MySQL adalah sebuah Database Management System (DBMS) PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat server side untuk aplikasi berbasis web. Sedangkan Perl adalah bahasa pemrograman yang mampu melakukan berbagai jenis pemrosesan teks termasuk manipulasi data teks dan biner,  DBM, pengolahan data di RDBMS, pemrosesan informasi melalu jaringan. manipulasi grafis, audio (MP3), sampai pembuatan panel control untuk home automation.

Langkah-langkah Konfigurasi Video Steaming via Web menggunakan XAMPP

A. Satu buah Video Streaming 

1. Pastikan PC anda sudah terinstal XAMPP. Jika belum bisa download sini. Kalau sudah diinstal, buka XAMPP. Yang kita perlukan di sini adalah membuat localhost, maka pilih Apache. Klik start untuk mengaktifkan Apache sampai muncul tanda centang berwarna hijau di kotak modules service di bawah ini. Double click jika masih masih bertanda silang. 




2. Setelah aktif, buka hasil instalasi XAMPP di Lokal Disk (C:) sesuai keterangn dalam kotak biru pada gambar di atas. Selanjutnya buka XAMPP > htdocs . Buat folder baru untuk menyimpan file-file video dan html . Beri nama video.


3. Siapkan sebuah video yang akan distreaming dan masukkan video tersebut ke dalam folder video tadi.


4. Klik kanan pada video lucu di atas, buka dengan aplikasi notepad. Beri nama untuk judul tab di browser (dalam kotak biru), judul halaman  web( dalam kotak kuning) diisi sesuai keinginan. Setting ukuran lebar dan tinggi video pada kolom merah. Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik sesuaikan ukuran video yang akan distreaming dengan ukuran video aslinya.  Masukkan [nama video].[format video] (dalam lingkaran hijau). Simpan notepad dengan nama tes.html




Pada VLC, untuk melihat ukuran video asli, jalankan video lucu tersebut > Tool > Media Information > tab codec seperti contoh di bawah ini. Resolution menunjukkan ukuran video dimana 1290 adalah lebar (widht) dan 720 adalah tinggi (height)



5. Karena video streaming di web akan diputar dengan menggunakan VLC, maka pastikan VLC sudah terinstal dan aktif di browser. 
Buka browser > tab Tools > Add-Ons > Plugins. Jika sudah terinstal maka akan muncul plugin vlc seperti di bawah ini. 


6. Masukkan alamat http://localhost/video/ , kemudian pada index of  video pilih tes. Klik Play untuk menjalankan video streaming via web.




atau bisa juga dengan menggunakan IP address. Untuk melihat IP buka command promp kemudian tulis ipconfig. Setelah tahu ip nya, buka browser lalu masukkan alamatnya seperti di bawah ini.


B. List Video Streaming

1. Tambahkan satu video lagi ke folder video di atas. Setting sepeti langkah 4. Simpan dengan nama tes2.html




2. Buat notepad baru, buat konfigurasi seperi di bawah ini. Tambahkan alamat video tes dan tes 2 yang sudah dibuat tadi. Nama diisi sesuai keinginan. Simpan dengan nama list.html


Jika sudah, inilah file streaming yang akan ditampilkan di web.


3. Buka browser, masukkan alamat 172.16.30.28/video/list.html

4. Ok, tingggal diklik saja mana video yang ingin dibuka



***SEMOGA BERMANFAAT***






Referensi


1. http://www.bimbingan.org/apa-fungsi-xampp.htm

2. http://www.master.web.id/mwmag/issue/01/content/tutorial-perl-1/tutorial-perl-1.html


~Pengetahuan kita adalah gambaran keterbatasan kita sebagai manusia. Ketidaktahuan kita adalah gambaran ketidakterbatasan Allah, sekaligus ketergantungan kita kepada Allah~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar