EXPLORE YOUR INTERESTS

Rabu, 19 November 2014

Membuat Server Voip Menggunakan Ubuntu

HI guys, praktik kali ini kita akan membuat server VoIP. Tapi, ga to the point yah, kita bahas dulu sedikit teorinya tentang VoIP.

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video, dan data yang berupa berbentuk paket melalui internet sehingga pengguna dapat melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. VoIP juga dikenal juga sebagai IP telepony atau internet telephony. Ketika seorang pengguna melakukan panggilan  ke pengguna lain, sinyal analog dari suara diubah dalam bentuk digital dan dikirim melalui jaringan internet berupa paket-paket data secara real time.

Protocol-protokol yang menunjang jaringan VoIP dapat dilihat pada gambar 1. Fungsi utama application layer adalah pemindahan file. TCP digunakan pada saat signaling untuk menjamin setup call pada sesi signaling. UDP diguakan untuk mengirimkan audio stream yang dikirimkan secara terus-menerus. UDP merupakan sebagai header pada pengiriman data selain RTP dan IP. Internet Protokol (IP) digunakan untuk interkoneksi sistem komunikasi computer. 


Gambar 1. Mekanisme protocol TCP/IP

Keuntungan menggunakan VoIP

  •   Efisiensi Biaya
Adanya jaringan IP yang bersifat global yang dapat menekan biaya sampai 70% sehingga biaya lebih murah dibandingkan penggunaan telepon konvensional yang melalui sambungan PSTN atau operator seluler. Komunikasi menggunakan internet yang telah ada dan tidak membutuhkan biaya tambahan.
Biaya maintenance juga lebih murah karena layanan voice dan data network terpisah, dan sebaliknya IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang tempat dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private Branch Exchange).
  • Mengoptimalkan Bandwidth
Penggunaan bandwidth internet sangat kecil, sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas koneksi data yang sedang berjalan.
  • Fleksibel
VoIP  dapat digabungkan dengan sistem PABX yang sudah ada untuk melakukan panggilan normal melalui jaringan PSTN.

Syarat melakukan koneksi VoIP adalah harus terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofpon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai lalu saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. 

Ok, sekarang mari kita membuat server VoIP. Saya menggunakan Ubuntu 12.04 pada  PC server  dan windows 7 pada kedua PC client. Untuk server, saya menggunakan asterisk. Selain asterisk, software lain yang bisa digunakan seperti Trixbox, FreePBX, dll. Pada kedua PC client saya menginstal software XLite sebagai aplikasi VoIP. Koneksi internet menggunakan jaringan LAN. 


Konfigurasi server VoIP
  1.  Buka terminal, masuk ke super user, dan masukkan password
  2.  Install asterisk :  apt-get install asterisk
  3. Saat proses instalasi akan muncul tampilan berikut. Isi dengan kode telepon negara

Gambar 2. mengisi kode telepon negara

   4.     Setelah penginstalan selesai, konfigurasi file asterisk dengan perintah nano/gedit.
         nano /etc/asterisk/sip.conf
         isi kode berikut ini di bagian akhir file aterisk.


   5.   Konfigurasi ekstension.conf
        nano /etc/asterisk/extension.conf
        ketik kode berikut pada akhir halaman extention.conf


    6.    Restart asterisk
          /etc/init.d/asterisk restart 

Konfigurasi Client VoIP

    7. Install X-Lite. Anda bisa mendownload di situs resminya http://www.counterpath.com/x- lite.html

    8.  Setelah selesai, setting X-Lite. Pilih softphone > Account settings

Gambar 3. setting X-Lite

9       9.    Isi data pada SIP  Account

   Gambar 4. konfigurasi akun

          10.  Lakukan konfigurasi yang sama pada client yang lain. Kemudian lakukan tes                         panggilan. Di sini, user rifat dengan nomor telepon 8002 memanggil Katarina.

Gambar 5. Tes panggilan


         11. Terima panggilannya dan bercakap-cakaplah sepuasnya… J

Gambar 6. VoIP berhasil










Tidak ada komentar:

Posting Komentar