EXPLORE YOUR INTERESTS

Selasa, 20 Januari 2015

Konfigurasi Wordpress di Localhost menggunakan XAMPP

WordPress merupakan salah satu aplikasi web Content Management System (CMS) berupa blog dimana pemilik akun dapat memodifikasi, merubah content, desain dan layout sesuai kebutuhan. WordPress plugin digunakan untuk menambah fitur website, sedangkan WordPress Theme digunakan untuk modifikasi desain layout website atau blog.  Aplikasi blog ini terdiri dari bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Ada dua jenis layanan WordPress, yaitu WordPress.com dan WordPress.org . Wordpress.com adalah situs layanan blog gratis aplikasi wordpress. Setiap orang bisa membuat blog dengan sub-domain wordpress dimana server hosting milik wordpress.com. Kita hanya mendaftar dan membuat blog sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Jadi tidak perlu membeli nama domain atau hosting. Sedangkan WordPress.org atau dikenal dengan wordpress self hosting adalah situs layanan bagi pengguna dan pengembang (developer) aplikasi wordpress. Setiap pengguna bisa mendownload software wordpress dan menjadikannya sebagai software blog. Dengan menginstalnya pada hosting kita maka kita dapat instal plugin dan theme secara bebas, tidak terikat aturan wordpress, serta dibolehkannya penggunaan script secara normal sehingga pengguna dapat memodifikasi  blog sesuai keinginan. 

Dalam posting ini saya akan bahas langkah-langkah konfigurasi wordpress di server lokal menggunakan XAMPP untuk menginstal Apache sebagai webserver untukserver lokal dan database MySQL sebagai penampung data-data dan informasi  


Langkah-Langkah Konfigurasi

1. Pastikan XAMPP sudah terinstal di PC Anda. Klik Apache dan MySQL lalu pada MySQL klik admin. 



2. Buka browser, ketik http://localhost pada bar. Maka akan keluar tampilan berikut. Pilih database pada tab, Buat database baru dengan nama blogku atau sesuai keinginan. Kemudian tekan create.

3. Klik more > Privillages > Add User 

4. Isi user name sesuai dengan nama database tadi yaitu blogku. Pada host, pilih localhost. Password sesuai keinginan. 

5. Beri tanda centang pada Check All > Go

6. Jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan akun seperti di bawah ini



7. Selanjutnya, instalasi wordpress ke localhost. Siapkan file wordpress atau bisa download di https://wordpress.org/download/. Setelah selesai, buka local disk C > xampp > htdocs . Kopikan wordpress ke htdocs.  Pada wordpress dalam kotak merah di bawah ini , klik kanan pilih extract here. 


8. Buka browser, ketik http://localhost. Kemudian akan muncul tampilan wordpress yang diawali dengan pemilihan bahasa. 


9. Klik Ayo! 



10. Isi keterangan koneksi  seperti di bawah ini sesuai dengan data yang telah dibuat pada database. 

11. Jalankan instalasi

10. Isi peermintaan informasi seperti di bawah ini


11. Gambar di bawah ini adalah tampilan wordpress yang sudah berhasil diinstal.

12. Tampilan Log in wordpress. Masukkan nama pengguna dan password

13. Tampilan Dasbor wordpress. Tulis dan mulailah berbagi dengan Wordpress Anda!







Referensi

http://eproduk.com/wordpress/apa-itu-wordpress/
http://www.krtutorplus.com/2012/02/perbedaan-wordpresscom-dan-wordpressorg.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar